JOGJA MEAN IT (part 3) : Opa Jepang Kita Sayang

Kamu pikir cerita kita udah tamat? U’re wrong, Buddy! Ini sambungannya…

Nyampe StaTu jam 11 lebih. Jalan udah pincang gara-gara my shoes hurted. They were killing me. Apes banget dah, we missed the train & we had to wait for the next train at 1 p.m.
2 jam, bo!! Nunggu di stasiun selama itu mau ngapain? Bikin keripik?
Mau jalan-jalan udah gak nepsong. Kan kakikyu lagi atit.

Eh… ternyata Tuhan ngirim temen baru. Bukan sembarang temen. Yang ini adalah seorang opa asal Jepang (asli lhow!!). Mantan penjajah niy! Hweheheh.
Kita sempat sok-sokan pake bahasa Inggris geto. Ternyata si Opa Jepang (mulai sekarang kita panggil Ojep ajah yak) nggak bisa bahasa Inggris dan malah bisa bahasa Indonesia. Tapi gak begitu jelas sih. Kita sering gak ngerti dia ngomong apa. Bilang “ke Solo” aja jadi “ke Soro”. Kalo lagi gak nyambung, kita cuma bisa nyengir & manggut-manggut doang.

Ojep ini – damn, lupa tanya namanya – baru pertama kali mau naek kereta di Indonesia. Waktu tahu kita 1 jurusan, dia jadi semangat mau ngekor. Sebagai tanda perkenalan + terima kasih, dia ngasih permen produksi Jepang. Ojep nge-display tuh permen di depan idung kita. Bentuknya bulet kecil-kecil & dibikin mirip semangka. Dia pamer, “Semangka! Lucu, ne’!”
Aku sempet kaget. Akika dipanggil ‘NEK’??? Ni Ojep gak lihat apa aku masi muda ting-ting begene! Tapi setelah biasa denger dia ngomong, aku jadi ngerti kalo dia emang sering nutup kalimatnya dengan bilang ‘ne’. Mungkin artinya = ya.

Dari ceritanya, kita jadi tahu kalo Ojep mau doing something – gak yakin apaan – yang ada hubungannya ama recital keroncong di Solo. Waktu aku tanya apa dia ngerti lagu Bengawan Solo, dia langsung bilang, “Gesang!! Bengawan Solo, Jembatan Merah…” Buseeet, orang Jepang ajah cinta keroncong! Kita yang anak Indonesia malah cuek bebek. Karena itu, kita jadi ngerasa bertanggung jawab ngejaga keselamatan si Ojep sampe dia bisa nyampe Solo.

Kita nunggu kereta lamaaaa banget. Tapi si Ojep niy gak betah duduk lama-lama. Bentar-bentar jalan muter kayak gangsingan. Pantesan deh orang Jepang pada panjang umur. Rajin gerak sih. Aku bandingin ama orang-orang Indonesia yang bejibun di situ, beda jauh deh. Kita ini geser bokong aja males.
Setelah sukses nganter si Ojep naek kereta yang bener, kita akhirnya pisah di Stasiun Klaten. Si Ojep lanjut ke Stasiun Balapan Solo. Dia sempet dadah-dadah kita waktu kita turun. Hweheheh. Lucu ne’!
…………(to be continued)